FKD 2023Forum Kamisan DaringProgram

Praktik Baik Penguatan Kewargaan Penganut Agama Leluhur

10 Agustus 2023, FKD seri ke-18 dilaksanakan dengan mengusung tema “Praktik Baik Penguatan Kewargaan Penganut Agama Leluhur”. Dipandu oleh Misni Parjiati (Volunteer ICIR), FKD kali ini menghadirkan seorang narasumber, Heri Sujoko (Ketua MLKI Bantul) dan seorang penanggap, Hairus Salim (Direktur Yayasan LKIS).

Heri Sunjoko menjelaskan bahwa apa yang dilakukan Penghayat Kepercayaan adalah pelaksanaan dan penghayatan hubungan antara pribadi dengan Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keyakinan yang diwujudkan  dengan perilaku ketaqwaan. Selain itu, penting adanya pengalaman budi luhur yang ajarannya bersumber dari kearifan lokal Bangsa Indonesia. Pada dasarnya, menurut data yang ada, jumlah paguyuban Penghayat Kepercayaan yang terdata semakin bertambah, namun jumlah anggotanya menurun. Sehingga dibutuhkan praktik baik penguatan kewargaan bagi Penghayat Kepercayaan dengan sosialisasi aturan pemerintahan yang dilaksanakan tidak hanya di kalangan Penghayat Kepercayaan.

Hairus Salim yang memiliki background antropologi menanggapi bahwa belum mampu atau belum beraninya Penghayat mengakses pelayanan publik dikarenakan sesuatu yang bersifat traumatis yang banyak ditemukan di kalangan Penghayat. Perlu bertahun-tahun untuk meyakinkan Penghayat untuk memiliki KTP yang penting untuk membuka kepada hak-hak yang lain meski ini tidak mudah karena hal-hal yang bersifat politis, psikologis, dll. Di sisi lain, terdapat 3 kategori menilai praktek Penghayat dalam konteks berbangsa dan bernegara yakni pengakuan, penerimaan, dan pelayanan.

Selengkapnya:

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lihat Juga
Close
Back to top button